Searching...
Selasa, 19 Mei 2015

Pesan Terkhir Rasulullah SAW Sebelum Wafat

Pada tanggal 8 Dzulhijjah 11 H saat haji wada' ... dikala matahari telah tergelincir. 



Rasullullah SAW berangkat ke Arafah dan melakukan khutbah terakhirnya dihadapan seratus empat puluh empat ribu jamaahnya.


Beliau berdiri ditengah-tengah mereka dan bersabda ; "Wahai manusia dengarkanlah apayang hendak ku katakan. Mungkin setelah tahun ini aku tidak akan dapat menemui kalian di tempat ini selama-lamanya. Sesungguhnya darah dan harta kalian adalah suci bagi kalian seperti kesucian hari dan bulan ini di negeri ini. Sampai datang masanya kamu menghadap Tuhanmu dan kamu pasti menghadap-NYa.

Pada waktu itu, kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatanmu. Ketahuilah, Sesungguhnya segala bentuk perilaku dan tindakan jahiliyah tidak boleh berlaku lagi.Tindakan menuntut balas atas kematian seseorang sebagaimana berlaku di jaman jahiliyah juga tidak berlaku lagi. Dan sesungguhnya segala macam riba tidak boleh berlaku lagi. Ikhwah Fillah, Barang siapa telah diserahi amanat, maka tunaikanlah amanat itu pada yang berhak menerimanya.

Janganlah kamu menzalimi orang lain. Dan jangan pula kamu terzhalimi. Ketahuilah, Sesungguhnya syaithon telah berputus asa untuk dapat disembah di negeri kalian selama-lamanya. Namun dia (syaithon) akan ditaati dalam perbuatan-perbuatan yang menurut kalian remeh. Maka dia pun merasa puas terhadap hal itu. Oleh karena itu, peliharalah agamamu ini baik-baik. Takutlah kepada Alloh dalam memperlakukan wanita.

Karena Kalian mengambil mereka sebagai amanat Allah. Dan kehormatan merekan dihalalkan bagi kalian dengan nama Allah. Hak kalian atas mereka adalah mereka sama sekali tidak boleh memasukkan orang yang tidak kalian sukai kedalam rumah kalian. Dan hak mereka atas kalian adalah Kalian harus memberi mereka nafkah dan pakaian secara baik.

Wahai manusia , dengarkanlah ! Sungguh aku telah meninggalkan sesuatu pada kalian. Yang jika kalian pegang teguh niscaya kalian tidak akan tersesat selama-lamanya. Yaitu Kitabullah dan Sunnahku. Wahai manusia, sesungguhnya tiada lagi nabi sesudahku dan tiada lagi umat sepeninggal kalian. Sembahlah Allah , Rabb kalian. Dan dirikanlah shalat lima waktu.Laksanakanlah shaum Ramadhan, dan bayarlah zakat secara sukarela. Tunaikanlah haji di Baitullah. Dan taati pemimpin kalian. Niscaya kalian akan masuk surga Rabb kalian. perhatikanlah kata-kataku. Sesungguhnya setiap muslim itu bersaudara. Seseorang tidak dibenarkan mengambil sesuatu dari yang lain. Kecuali atas dasat keridlaan."



Rasul sejenak terdiam lalu bersabda ; "Kalian akan ditanya tentang aku, maka apakah yang hendak kalian katakan ?"

Kemudian merekan menjawab "Kami bersakssi bahwa engkau telah menyampaikan risalah menunaikan amanat dan memberi nasihat." Sambil menunjuk kelangit Rasul berkata "Ya Allah, saksikanlah". Selesai menyampaikan khutbah, wahyu terakhir turun. Dan putuslah wahyu untuk selama-lamanya. "Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan nikmat-Ku kepadamu, dan telah Kuridhoi Islam sebagai agama bagimu. Qs:Al Maidah ayat 3."

Tatkala Dakwah Islam telah sempurna, tanda-tanda perpisahan dengan kehidupan dan orang-orang yang hidup di dunia mulai tampak pada diri Rosulullah SAW.


Untuk artikel selanjutnya tentang Detik-detik yang menegangkan Sakaratul Maut Rasulullah.

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!